Wednesday, March 11, 2015

Fakta mengejutkan tentang sistem pencernaan manusia

Sistem pencernaan sangat diperlukan untuk mencerna makanan yang telah kita makan. Sistem ini sangat kompleks dan terdiri dari beberapa organ serta kelenjar. Organ dimulai dari mulut dimana di dalamnya terdapat gigi, lidah, dan air liur. Esophagus dimana tempat terjadinya gerakan peristaltik (gerakan menelan dan mendorong makanan). Faring yang merupakan percabangan sistem percernaan dan sistem pernafasan yang disekati oleh epiglotis. Lambung, organ yang memiliki banyak otot. Organ ini menghasilkan enzim PRA (pepsin, renin, asam klorida). Pepsin berfungsi intuk mengubah protein menjadi pepton. Renin berfungsi mencerna susu. Asam klorida berfungsi membunuh kuman-kuman yang dibawa oleh makanan. 

Usus halus merupakan tempat terjadinya penyerapan sari-sari makanan yang dilakukan oleh jonjot usus. Usus ini dibedakan menjadi 3 yaitu duodenum, jejenum dan ileum. Usus besar adalah tempat penyerapan air. Di dalam usus besar terdapat banyak bakteri (E.coli) yang membantu pembusukan makanan. Rectum merupakan tempat penyimpanan feses sementara sebelum dikeluarkan melalui anus. 

Selain organ, terdapat kelenjar yang membantu proses pemcernaan :
1. pankreas, menghasilkan enzim ALT (amilase, lipase, tripsin)
2. hati, menghasilkan empedu
3. kelenjar air liur (sublingualis dan submandibularis)

Fakta-fakta yang selama ini tidak kita pikirkan mengenai sistem pencernaan :
1. Panjang saluran pencernaan kita adalah 30 meter mulai dari mulut sampai anus
2. Jalannya proses pencernaan tidak bergantung pada gravitasi bumi, jadi walaupun kita dalam kondisi terbalik, pencernaan kita tetap berjalan sewajarnya.
3. Kita mengeluarkan 1 liter air liur per hari
4. Perut orang dewasa mampu menampung 4 liter makanan

Sekian sedikit mengenai sistem pencernaan. Semoga bermanfaat ^.^

No comments:

Post a Comment