BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pembelajaran dalam proses pendidikan memiliki ragam dan jenis yang berbeda,
hal itu tergantung bagaimana karakteristik dan model subjek pembelajaran, dalam
hal ini adalah siswa sebagai peserta didik. Indikator keberhasilan proses
pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pendidik dalam hal ini adalah
guru mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang akan
dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran tidak menjadi hal yang
menjemukan tetapi menyenangkan. Kreatifitas guru dalam mengembangkan materi
ajar sangat penting sebagaimana diamanahkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
yang telah dicetuskan dan sedang berjalan pada saat ini.
Tiap – tiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda dengan
pelajaran lainnya, hal ini semakin memberikan tantangan bagi guru sebagai
pengembang dan pengorganisasi materi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas
dalam proses pembelajaran. Diantara beberapa mata pelajaran di Ananda
Islamic School, proses pembelajaran IPA
sangatlah menyenangkan bila disajikan secara baik dan kreatif, akan tetapi hal
ini dapat menjadi membosankan bila guru tidak mampu mengorganisasikan
pembelajaran IPA ini dengan baik. IPA akan lebih menarik bila proses
pembelajaran dilakukan melalui kegiatan praktikum. Namun dalam proses
pembelajaran secara praktikum ini, sangat banyak hal – hal yang tentunya harus
dipenuhi demi tercapainya indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran yang
optimal, diantaranya dengan adanya peralatan maupun media pembelajaran relevan
dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari siswa.
Pemilihan perlengkapan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran IPA
untuk kegiatan praktikum tidaklah mudah. Peralatan praktikum IPA dalam
laboratorium memang tidak mudah didapatkan karena butuh dana yang tidak sedikit
terlebih untuk mencari dan menyesuaikan perlengkapan/peralatan laboratorium IPA
yang sesuai standar mutu dan kualitas. Oleh karena itu, kami mengajukan proposal ini, guna mencapai pembelajaran yang optimal dalam
kegiatan pembelajaran IPA di laboratorium. Hal ini dirasakan perlu karena
minimnya peralatan untuk praktikum di laboratorium IPA yang ada di Ananda
Islamic School.
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
a. Meningkatan sarana
prasarana untuk menuju sekolah yang berprestasi
dan berstandar international.
b. Meningkatan prestasi
belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA
c. Mengoptimalkan proses pembelajaran
IPA dengan memanfaatkan laboratorium
d. Menumbuhkembangkan
semangat siswa untuk gemar mengadakan praktikum dan penelitian guna mengarah
pada pembentukan ekstrakurikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
2. Tujuan Khusus
a. Menambah alat
praktikum / alat peraga dalam laboratorium IPA.
b. Menunjang proses
pembelajaran IPA dengan memanfaatkan laboratorium secara optimal
c. Menyajikan
pembelajaran IPA secara konstekstual dalam proses pembelajaran agar siswa lebih
senang dan tidak jenuh dalam belajar IPA di laboratorium
d. Meningkatkan
minat dan bakat siswa dalam pembelajaran IPA
C. Hasil yang Diharapkan
Dengan semakin lengkapnya
peralatan praktikum IPA maka hasil yang diharapkan adalah :
a. Meningkatnya nilai
standar Sarana Prasarana
b. Meningkatnya nilai
rata-rata mata pelajaran IPA dalam Ujian Nasional setiap tahun
c. Proses pembelajaran IPA menjadi lebih optimal
d. Terbentuknya wadah
ekstrakurikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) sehingga mampu berpartisipasi
dalam LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja).
D. Sumber Dana
Dana program alat dan bahan yang kami
ajukan bersumber dari Yayasan Ananda Dionita
BAB II
PROFIL SEKOLAH
I. PENYELENGGARA
1. Nama Badan / Yayasan yang mendirikan : Ananda Dionita
2. Alamat Sekretariat : Perum
Citra Garden 2 Ext. Blok BE-1B
No. 06 Pegadungan Kalideres
Jakarta – Barat 11830
3. Nama Pimpinan / Ketua Yayasan : Murdiyono A. Lathief, SE. Ak. BKP
4.
Akte Notaris / Anggaran Dasar : No. 13 Tgl 15 Maret 2006 An Royani, SH Dengan perubahan terakhir No. 07 Tgl 08 September 2008 An. Royani, SH .
II.
IDENTITAS SEKOLAH DASAR
1. Nama Sekolah :
Sekolah Dasar Ananda Islamic School
2.
Didirikan pada tanggal dan tahun :
27 Juni 2009
3.
Alamat :
Depan Gerbang Citra 2 Ext Jak – Barat 1830
Jl. Tanjung Pura No. 34 Pegadungan
Kalideres Jakarta Barat 1830
III. FASILITAS SEKOLAH DASAR
1. Status Gedung / Status tanah :
Milik Yayasan
2. Ruangan
2.1.
Jumlah ruang belajar :
12 Ruang
2.2.
Luas ruang belajar :
49 m2
2.3. Luas ruang kepala SD : 49 m2
2.4. Luas ruang guru :
49 m2
3. Luas Tanah :
4.639 m2
4. Luas Bangunan :
2500 m2
5.
Kurikulum yang digunakan :
KTSP dan Nasional Plus
6. Waktu belajar / Lama belajar
6.1. Pagi shift pertama :
07.00 – 14.00
7. Formasi Kelas :
1 kelas maksimal 25 siswa
BAB III
RENCANA
PELAKSANAAN PENGADAAN PERALATAN
LABORATORIUM
IPA
A. Rencana
Anggaran Pengadaan Alat dan Daftar Peralatan Laboratorium IPA
1. Pemilihan Alat dan bahan, Spesifikasi, dan Jumlah
Kami telah melaksanakan proses awal yakni memilih dan menentukan daftar peralatan dan
bahan laboratorium yang akan diadakan sesuai dengan rincian sebagai
berikut :
Tabel 1. Alat dan Bahan Laboratorium
No
|
Nama alat dan bahan
|
Jumlah
|
1
|
Jangka sorong
|
4
buah
|
2
|
Micrometer sekrup
|
4
buah
|
3
|
Thermometer
|
4
buah
|
4
|
Optika panel
|
2
set
|
5
|
Slinki
|
2
buah
|
6
|
Penggaris logam
|
5
buah
|
7
|
Neraca pegas 1,5 N
|
4
buah
|
8
|
Amperemeter
|
4
buah
|
9
|
Voltmeter
|
4
buah
|
10
|
Galvanometer
|
4
buah
|
11
|
Bidang miring
|
3
buah
|
12
|
Stopwatch
|
4
buah
|
13
|
Gelas kimia 250 ml
|
4
buah
|
14
|
Beaker
glass 500 ml (Pyrex)
|
4
buah
|
15
|
Labu Erlenmeyer 100 ml (Pyrex)
|
4
buah
|
16
|
Garpu tala
|
2
buah
|
17
|
Timbangan 311 gr
|
2
buah
|
18
|
Kit
Mekanika 1 set
|
2
pak
|
19
|
Kit hidrostika dan panas 1 set
|
2
pak
|
20
|
Gelas ukur
|
4
buah
|
21
|
Penjepit tabung reaksi
|
4
buah
|
22
|
Respirometer
|
4
buah
|
23
|
Pembakar spirtus kaca
|
4
buah
|
24
|
Charta sel hewan dan tumbuhan
|
1
buah
|
25
|
Charta penampang dikotil dan monokotil
|
1
buah
|
26
|
Perangkat pemeliharaan mikroskop
|
1
set
|
27
|
Buku panduan penggunaan alat
|
1
set
|
28
|
Pipet
|
12
buah
|
29
|
Vaseline
500 gr
|
1
buah
|
30
|
NaOH
padat 500 gr
|
1
buah
|
31
|
Kertas lakmus
|
2
pak
|
32
|
Biuret 500 ml
|
1
botol
|
33
|
Benedict 500 ml
|
1
botol
|
34
|
Lugol 250 ml
|
1
botol
|
35
|
NaOH
cair 500 ml
|
1
botol
|
36
|
Cawan petri
|
20
buah
|
37
|
Gelas kimia 500 ml
|
4
buah
|
38
|
Batang pengaduk kaca
|
4
buah
|
39
|
Deck glass
|
1
pak
|
40
|
Object glass
|
1
pak
|
41
|
Corong kaca
|
4
buah
|
42
|
Lemari penyimpan mikroskop
|
2 buah
|
43
|
Lampu 5 watt
|
6 buah
|
44
|
Sarung tangan
|
1 pak
|
45
|
Masker
|
1 pak
|
46
|
Kapas gulung
|
1 pak
|
47
|
Tissue
|
2 gulung
|
48
|
Aluminuim foil
|
2 pak
|
49
|
HCl 500 ml
|
1 botol
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Terdapat
49 jenis alat dan bahan laboratorium yang diperlukan guna menunjang kegiatan
pembelajaran.
B. Saran
1.
Diharapkan
peralatan laboratorium dapat tiba sesegera mungkin.
2.
Menyediakan
ruang laboratorium khusus untuk setiap mata pelajaran.
assalamu'alaikum bu..berkunjung lagi... ^_^
ReplyDeletewah lagi bebenah dan menyusun sarana prasarana ya bu...demi kelengkapan media pembelajaran di sekolah...
supaya lebih rapi bu, ibu bisa gunakan google drive dengan bantuan jalinan berbaginya....
iya nih...hehehe...owghh okok...makasih infonya...
ReplyDeletePuspaaa......
ReplyDeleteini lg nyari2 contoh proposal utk lab
malah ketemu blogmu :)
terimakasih banyak ya mbak :)
ReplyDeleteTERIMA KASIH SAYA IKUT NYONTOH
ReplyDelete