Friday, July 19, 2013

Proposal Pengajuan alat dan bahan lab jenjang sd smp sma



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pembelajaran dalam proses pendidikan memiliki ragam dan jenis yang berbeda, hal itu tergantung bagaimana karakteristik dan model subjek pembelajaran, dalam hal ini adalah siswa sebagai peserta didik. Indikator keberhasilan proses pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pendidik dalam hal ini adalah guru mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran tidak menjadi hal yang menjemukan tetapi menyenangkan. Kreatifitas guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting sebagaimana diamanahkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah dicetuskan dan sedang berjalan pada saat ini.
Tiap – tiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pelajaran lainnya, hal ini semakin memberikan tantangan bagi guru sebagai pengembang dan pengorganisasi materi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas dalam proses pembelajaran. Diantara beberapa mata pelajaran di Ananda Islamic School, proses pembelajaran IPA sangatlah menyenangkan bila disajikan secara baik dan kreatif, akan tetapi hal ini dapat menjadi membosankan bila guru tidak mampu mengorganisasikan pembelajaran IPA ini dengan baik. IPA akan lebih menarik bila proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan praktikum. Namun dalam proses pembelajaran secara praktikum ini, sangat banyak hal – hal yang tentunya harus dipenuhi demi tercapainya indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran yang optimal, diantaranya dengan adanya peralatan maupun media pembelajaran relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari siswa.
Pemilihan perlengkapan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran IPA untuk kegiatan praktikum tidaklah mudah. Peralatan praktikum IPA dalam laboratorium memang tidak mudah didapatkan karena butuh dana yang tidak sedikit terlebih untuk mencari dan menyesuaikan perlengkapan/peralatan laboratorium IPA yang sesuai standar mutu dan kualitas. Oleh karena itu, kami mengajukan proposal ini, guna mencapai pembelajaran yang optimal dalam kegiatan pembelajaran IPA di laboratorium. Hal ini dirasakan perlu karena minimnya peralatan untuk praktikum di laboratorium IPA yang ada di Ananda Islamic School.

B.  Tujuan

1. Tujuan Umum
a.  Meningkatan sarana prasarana untuk menuju sekolah yang berprestasi dan berstandar international.
b.  Meningkatan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA
c.   Mengoptimalkan proses pembelajaran IPA dengan memanfaatkan laboratorium
d.   Menumbuhkembangkan semangat siswa untuk gemar mengadakan praktikum dan penelitian guna mengarah pada pembentukan ekstrakurikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
2. Tujuan Khusus
a.   Menambah alat praktikum / alat peraga dalam laboratorium IPA.
b.  Menunjang proses pembelajaran IPA dengan memanfaatkan laboratorium secara optimal
c.   Menyajikan pembelajaran IPA secara konstekstual dalam proses pembelajaran agar siswa lebih senang dan tidak jenuh dalam belajar IPA di laboratorium
d.   Meningkatkan minat dan bakat siswa dalam pembelajaran IPA

C.  Hasil yang Diharapkan
Dengan semakin lengkapnya peralatan praktikum IPA maka hasil yang diharapkan adalah :
a.  Meningkatnya nilai standar Sarana Prasarana
b.  Meningkatnya nilai rata-rata mata pelajaran IPA dalam Ujian Nasional setiap tahun
c.   Proses pembelajaran IPA menjadi lebih optimal
d. Terbentuknya wadah ekstrakurikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) sehingga mampu berpartisipasi dalam LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja).

D.  Sumber Dana
Dana program alat dan bahan yang kami ajukan bersumber dari Yayasan Ananda Dionita





BAB II
PROFIL SEKOLAH

I. PENYELENGGARA
1.      Nama Badan / Yayasan yang mendirikan    : Ananda Dionita
2.      Alamat Sekretariat                                       : Perum Citra Garden 2 Ext. Blok                                                                                   BE-1B
                                                                              No. 06 Pegadungan Kalideres
                                                                              Jakarta – Barat 11830
3.      Nama Pimpinan / Ketua Yayasan                 : Murdiyono A. Lathief, SE. Ak.                                                                                     BKP
4.      Akte Notaris / Anggaran Dasar                    : No. 13 Tgl 15 Maret 2006 An                                                                                      Royani, SH Dengan perubahan                                                                                        terakhir No. 07 Tgl 08                                                                                                          September 2008 An. Royani,                                                                                              SH     .                                                    
          II.       IDENTITAS SEKOLAH DASAR
1.      Nama Sekolah                                              : Sekolah Dasar Ananda Islamic                                                                                      School
2.      Didirikan pada tanggal dan tahun               : 27 Juni 2009
3.      Alamat                                                         : Depan Gerbang Citra 2 Ext Jak                                                                                   – Barat 1830
                                                                          Jl. Tanjung Pura No. 34                                                                                              Pegadungan
                                                                          Kalideres Jakarta Barat 1830








       III. FASILITAS SEKOLAH DASAR
1.      Status Gedung / Status tanah                                  : Milik Yayasan
2.      Ruangan
2.1. Jumlah ruang belajar                                         : 12 Ruang
2.2. Luas ruang belajar                                             : 49 m2
2.3. Luas ruang kepala SD                                       : 49 m2
2.4. Luas ruang guru                                                : 49 m2
3.      Luas Tanah                                                               : 4.639 m2
4.      Luas Bangunan                                                        : 2500 m2
5.      Kurikulum yang digunakan                                     : KTSP dan Nasional Plus
6.      Waktu belajar / Lama belajar                                              
6.1. Pagi shift pertama                                             : 07.00 – 14.00
7.      Formasi Kelas                                                          : 1 kelas maksimal 25 siswa   



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PENGADAAN PERALATAN
LABORATORIUM IPA


A.     Rencana Anggaran Pengadaan Alat dan Daftar Peralatan    Laboratorium IPA
1.  Pemilihan Alat dan bahan, Spesifikasi, dan Jumlah
   Kami telah melaksanakan proses awal yakni memilih dan menentukan daftar peralatan dan bahan laboratorium yang akan diadakan sesuai dengan rincian sebagai berikut :
Tabel 1. Alat dan Bahan Laboratorium
No
Nama alat dan bahan
Jumlah
1
Jangka sorong
4 buah
2
Micrometer sekrup
4 buah
3
Thermometer
4 buah
4
Optika panel
2 set
5
Slinki
2 buah
6
Penggaris logam
5 buah
7
Neraca pegas 1,5 N
4 buah
8
Amperemeter
4 buah
9
Voltmeter
4 buah
10
Galvanometer
4 buah
11
Bidang miring
3 buah
12
Stopwatch
4 buah
13
Gelas kimia 250 ml
4 buah
14
Beaker glass 500 ml (Pyrex)
4 buah
15
Labu Erlenmeyer 100 ml (Pyrex)
4 buah
16
Garpu tala
2 buah
17
Timbangan 311 gr
2 buah
18
Kit Mekanika 1 set
2 pak
19
Kit hidrostika dan panas 1 set
2 pak
20
Gelas ukur
4 buah
21
Penjepit tabung reaksi
4 buah
22
Respirometer
4 buah
23
Pembakar spirtus kaca
4 buah
24
Charta sel hewan dan tumbuhan
1 buah
25
Charta penampang dikotil dan monokotil
1 buah
26
Perangkat pemeliharaan mikroskop
1 set
27
Buku panduan penggunaan alat
1 set
28
Pipet
12 buah
29
Vaseline 500 gr
1 buah
30
NaOH padat 500 gr
1 buah
31
Kertas lakmus
2 pak
32
Biuret 500 ml
1 botol
33
Benedict 500 ml
1 botol
34
Lugol 250 ml
1 botol
35
NaOH cair 500 ml
1 botol
36
Cawan petri
20 buah
37
Gelas kimia 500 ml
4 buah
38
Batang pengaduk kaca
4 buah
39
Deck glass
1 pak
40
Object glass
1 pak
41
Corong kaca
4 buah
42
Lemari penyimpan mikroskop
2 buah
43
Lampu 5 watt
6 buah
44
Sarung tangan
1 pak
45
Masker
1 pak
46
Kapas gulung
1 pak
47
Tissue
2 gulung
48
Aluminuim foil
2 pak
49
HCl 500 ml
1 botol



BAB IV
PENUTUP
    A.    Kesimpulan
1.      Terdapat 49 jenis alat dan bahan laboratorium yang diperlukan guna menunjang kegiatan pembelajaran.

    B.     Saran
1.      Diharapkan peralatan laboratorium dapat tiba sesegera mungkin.
2.      Menyediakan ruang laboratorium khusus untuk setiap mata pelajaran.













5 comments:

  1. assalamu'alaikum bu..berkunjung lagi... ^_^

    wah lagi bebenah dan menyusun sarana prasarana ya bu...demi kelengkapan media pembelajaran di sekolah...

    supaya lebih rapi bu, ibu bisa gunakan google drive dengan bantuan jalinan berbaginya....

    ReplyDelete
  2. iya nih...hehehe...owghh okok...makasih infonya...

    ReplyDelete
  3. Puspaaa......
    ini lg nyari2 contoh proposal utk lab
    malah ketemu blogmu :)

    ReplyDelete